Pertolongan Pertama Atasi Serangan Jantung


MENGETAHUI langkah pertama saat terkena serangan jantung dapat meminimalisir risiko ancaman hidup yang mematikan. Berikut ini langkah-langkahnya.

Serangan jantung atau infark koroner pada umumnya terjadi dengan tiba-tiba dan sangat mengancam nyawa penderitanya. Semakin cepat bantuan diberikan maka semakin besar kemungkinan untuk terselamatkan dari kematian.

Ciri-ciri serangan jantung pada umumnya nyata dan jelas. Tanda-tanda utamanya seperti rasa nyeri di dalam dada, syok disertai pening, lemah, berkeringat, muntah-muntah, pingsan dan pucat, sesak nafas, serta denyut jantung tidak teratur.

"Tindakan segera adalah hal yang sangat penting untuk menolong penderita serangan jantung!," tegas Dr John F Knight, seorang konsultan kesehatan Amerika Serikat, dalam bukunya "Family Medical Care".

Inilah beberapa saran yang dapat dilakukan secara rutin bagi penderita serangan jantung koroner.

  • Buatlah pasien merasa nyaman. Kalau dia dalam keadaan sadar, biarkan dia duduk
  • Hilangkan kecemasan yang dirasakannya dengan memberikan kata-kata yang mendorong semangat.
  • Panggil dokter atau ambulans. Kalau bisa, jelaskan bahwa mungkin pasien mengalami serangan jantung.
  • Jika pasien terjatuh, pernapasan dan jantungnya berhenti, segera berikan pernapasan buatan mulut ke mulut dan pijat jantung secara bergantian.
  • Jika tidak ada bantuan yang tersedia, bawa korban ke rumah sakit atau dokter terdekat.
  • Waktu bisa berarti nyawa. Lebih cepat pasien mendapatkan pertolongan akan lebih besar peluangnya        untuk tetap hidup dan sembuh. Peluang akan makin menipis dengan berlalunya waktu tanpa pertolongan.
  • Jangan malu mencari pertolongan. Lebih baik keliru menilai daripada membuat kesalahan menilai.
  • Tetaplah tenang dan jangan panik. Nyawa pasien yang bersangkutan akan tergantung pada sikap Anda yang cekatan, efisien dan tenang.(ind) (tty)
   
http://health.okezone.com (Gustia Martha Putri - Okezone)
       
       
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...