MENJAGA POLIS ASURANSI



Mengapa kita perlu menjaga polis asuransi kita agar tidak batal atau lapse? berikut adalah alasanya mengapa polis asuransi kita harus di jaga :

Tindakan Anda dalam membeli polis asuransi jiwa sebagai bagian dari perencanaan keuangan keluarga merupakan langkah yang penting dan strategis! Selanjutnya, pertahankan polis yang sudah Anda miliki sehingga polis tersebut bisa bekerja dan melindungi seluruh keluarga dan perusahaan secara maksimal. Langkah ini amat penting untuk mengatasi risiko keuangan yang semakin besar dan kompleks di kemudian hari.

Antisipasi saat KrisisMungkin, karena satu kebutuhan yang mendesak atau kondisi lainnya, Anda sedang mencari solusi untuk memperkecil pengeluaran keuangan dalam rumah tangga.

Kalau solusi Anda adalah membatalkan polis asuransi yang sedang berjalan, saya amat menyarankan agar Anda mempertimbangkan kembali solusi tersebut! Mengapa demikian? Pembatalan polis yang sedang berjalan bisa menimbulkan empat konsekuensi yang merugikan Anda yaitu : 

  1. Bila Anda membatalkan sebuah polis asuransi dan nantinya Anda berharap untuk mengambil polis asuransi pada kesempatan mendatang, dapat dipastikan bahwa Anda akan diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kembali.

    Karena usia sudah pasti bertambah, statistik menunjukkan bahwa status kesehatan umumnya mungkin lebih buruk ketimbang kondisi saat ini. Akibatnya, Anda akan membayar premi yang lebih mahal.

  2. Jumlah premi asuransi yang harus Anda bayar otomatis akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia Anda. 
    Bahkan, tarif premi yang Anda bayar saat ini bisa jadi tidak akan cukup bila nantinya Anda membeli polis asuransi yang sama dengan pertanggungan yang sama pula.

  3. Umumnya polis asuransi memiliki klausul inkontestibilitas. Esensinya, setelah sebuah polis asuransi jiwa berjalan sepanjang tahun tertentu (umumnya dua atau tiga tahun), perusahaan asuransi tidak akan melakukan “kontes: terhadap klaim yang Anda ajukan, kecuali bila pembayaran premi Anda tertunda.

    Bila Anda membatalkan polis saat ini dan nantinya Anda akan membeli polis asuransi yang sama, polis Anda yang baru terpaksa akan mengalami periode kontestabilitas yang baru.

  4. Polis jenis tertentu mengenakan biaya bila Anda membatalkan polis sebelum tanggal jatuh tempo. Itu sebabnya, sebelum Anda berniat melakukan pembatalan terhadap polis yang sedang berjalan, konsultasikan hal itu dengan agen asuransi jiwa yang menjadi konsultan Anda. 

    Sekali Anda memproteksi diri dengan polis asuransi jiwa, seyogianya polis itu tetap melekat dalam diri Anda dan keluarga demi kesejahteraan dan kebahagiaan di masa depan.

sumber: pandji-harsanto.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...