Penyakit Serangan Jantung Pertama



Serangan jantung pertama merupakan kondisi darurat medis karena timbulnya kerusakan pada otot jantung untuk kali pertama dan hal ini bisa menyebabkan kematian. Mengunyah aspirin sambil mencari bantuan medis merupakan pertolongan pertama yang bisa meningkatkan harapan hidup.

Serangan jantung terjadi karena bekuan darah menyumbat aliran darah di arteri koroner. Gejala serangan jantung pada pria dan wanita biasanya berbeda. Pria umumnya merasakan gejala klasik seperti nyeri dada, sesak napas dan pancaran nyeri di leher dan tangan. Sementara itu wanita biasanya mengalami gejala berupa kelelahan berat, rasa tidak nyaman yang sering dikira gangguan pencernaan, dan keringat dingin. Ada juga orang yang terkena serangan jantung dengan pingsan mendadak.

Meski gejala serangan jantung tidak sama, tetapi respon pertamanya haruslah sama: menelepon bantuan medis atau pergi ke rumah sakit dan mengunyah aspirin. Mengunyah aspirin akan mencegah aktivitas bekuan darah yang bisa menyumbat arteri saat serangan jantung. Penelitian yang dimuat dalam The American Journal of Cardiology menegaskan pentingnya mengunyah aspirin saat serangan jantung.

Dalam penelitian terhadap 12 subyek pada laboratorium diketahui mengunyah aspirin selama 30 detik sebelum menelannya akan mengurangi aktivitas bekuan darah sampai 50 persen dalam lima menit. Sementara itu jika aspirin langsung ditelan tanpa dikunyah, diperlukan waktu 12 menit untuk mendapat efek yang sama. Menurut Dr. Noel Bairey Merz, Direktur Barbra Streisand Women's Heart Center, dosis aspirin yang dianjurkan adalah 325 miligram.

Untuk bisa mengklaim serangan jantung pertama di Allianz, kriteria diagnosa yang harus dipenuhi adalalah 3 dari 5 kriteria dibawah ini :
  1. Adanya nyeri dada yang khas pada saat serangan. 
  2. Terjadinya perubahan gambaran-gambaran elektrodiagram yang khas untuk Infark Myocardial stadium dini dan;
  3. Terjadinya peningkatan kadar enzim jantung CK-MB;
  4. Terjadinya peningkatan Troponin (T or I);
  5. Left Ventricular Ejection fraction kurang dari 50% (lima puluh persen) yang berlangsung selama 3 (tiga) bulan atau lebih setelah serangan

Allianz memasukkan Penyakit Jantung sebagai bagian dari 49 penyakit kritis yang dicover melalui rider CI+ (Critical Illness Plus); salah satu persyaratan klaimnya adalah jika tertanggung tidak dapat melakukan tiga dari lima Aktifitas Hidup Sehari-hari secara terus-menerus selama minimal tiga bulan.


Sumber :  
1. http://health.kompas.com/read/2012/08/30/10414781/Mengunyah.Aspirin.Pertolongan.Pertama.Serangan.Jantung 
2. Polis Allianz 
Sumber gambar : www.tacade.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...